Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi



Tanah air kita belakangan ini juga lumayan sering dilanda gempa besar. Negeri kita ternyata juga berada di kepulauan yang labil, seperti negara Jepang. Kita bisa belajar dari pengalaman "Saudara Tua" bagaimana cara kita menghadapi bencana dan gempa bumi.

Dan berikut ini yang harus dilakukan kita semuanya saat gempa bumi terjadi :
  1. Jangan meletakkan benda - benda berat di tempat tinggi yang mungkin akan jatuh saat terjadi gempa bumi. Jangan pula meletakkan benda yang bakal jatuh menghalangi pintu atau jalan keluar saat terjadi gempa bumi.
  2. Punya pemadam api sendiri dan tahu cara menggunakannya.
  3. Siapkan tas darurat yang bakal membantu sebelum datang pertolongan. Isi lampu senter dengan baterai cadangan, jam, pensil dan kertas, sedikit uang, mi instan, air minum dalam botol untuk dua atau tiga hari, alat pertolongan pertama seperti pembalut luka, alkohol untuk membersihkan luka, obat merah. Bila punya penyakit kronis, isi tas juga dengan obat - obatan yang diperlukan selama beberapa hari.
  4. Jika tinggal di apartemen atau lantai atas, Pastikan ada tangga darurat atau jalan keluar lain ketika jalan keluar normal terhalangi saat bencana.
  5. Ketika gempa terjadi, tetap tenang dan pikirkan apa yang harus pertama dilakukan. Matikan semua saluran gas dan api. Jangan nyalakan api. Kebakaran setelah gempa bumi lebih berbahaya. Matika semua listrik jika memungkinkan.
  6. Jangan buru - buru lari ke luar. Paling baik jika tetap tinggal di dalam dan melindungi diri di bawah meja yang cukup kuat.
  7. Jauhi jendela, kaca dan benda - benda berbahan gelas. Jauhi laci, TV dan perabot lain yang mungkin akan jatuh menimpa kita.
  8. Jika berada di dalam mobil, berhentilah di sisi jalan yang tak akan menghalangi kendaraan regu penolong.
  9. Setelah gempa berakhir, matikan listrik, tutup keran air dan gas bila mungkin. Tinggalkan gedung jika mencium bau gas atau curiga bakal ada kerusakan lebih besar setelah gempa.
  10. Jangan memakai mobil, sehingga jalan raya tetap terbuka untuk memberi jalan bagi mobil regu penolong.
  11. Jangan terpengaruh oleh rumor. Cari berita dari stasiun radio atau situs berita yang bisa dipercaya.
  12. Bila tinggal di dekat pantai, pergilah ke tempat yang tinggi untuk melindungi diri dari sapuan gelombang tsunami.
Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi Reviewed by dailytips on March 15, 2017 Rating: 5

1 comment

About